Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta

Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta – Saat anda bertandang ke kota Yogyakarta maka yang akan anda kunjungi pertama kali tentunya Keraton, bukan? Selanjutnya anda akan melanjutkan perjalanan wisatanya ke Candi Prambanan atau Candi Borobudur. Barulah anda mengakhiri jalan-jalan anda ke wisata belanja Malioboro. Tanpa  anda sadari sebenarnya masih ada yang kurang dari panduan wisata anda ke  Jogya ini.

Lantas, list apa yang belum terpenuhi saat anda menyambangi Kota Gudeg tersebut?  Setidaknya anda mengetahui bahwasanya kota Jogya memiliki keadaan alam yang membentang luas, baik pegunungan, daratan, maupun  perairan yang mana berbatasan langsung dengan laut selatan. Karena itu,  jangan heran banyak terdapat  pantai di wilayah ini. Dimana anda bisa menikmati keindahan Pantai Gua Cemara, seperti bagian berikut.

Bagaimana Menikmati Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta?

  1. Keindahan Pantai Gua Cemara 
Keindahan Pantai Gua Cemara Yogyakarta
Adapun destinasi yang ditunjukan oleh Pantai Gua Cemara ialah pepohonan cemara yang tercipta berupa ranting-ranting yang memukau. Kemudian, rimbun pohon cemara tersebut membentuk lorong gua yang mana memang menjadi magnet tersendiri, terlebih bagi para fotografer. Menarik sesaat anda memandangnya lantaran garis dan sinar matahari mampu menerobos pepohonan yang memiliki komposisi sempurna. Ditambah dengan deburan  ombak laut yang tenang menjadikan kenyamanan bagi para wisatawan.
  1. Aktivitas Pantai Gua Cemara 
Anda tidak perlu bingung saat berada di Pantai Gua Cemara ini, lantaran banyak kegiatan yang mesti anda lakukan. Dengan bersantai menikmati pantai dan semilir angin atau berayun di bawah pohon cemara dirasa sudah sangar menyenangkan, apalagi anda ditemani oleh keluarga dan teman-teman. Namun, jika belum cukup puas anda bisa berjalan menyusuri bibir Pantai Gua Cemara menuju Pantai Kuwatu, atau Pantai Baru. Sepanjang perjalanan anda akan menemukan kapal nelayan yang bersandar. Jika anda malas berjalan, bisa juga mengendarai ATV  yang telah disewakan. Anda akan merasakan adrenalin tersendiri dengan kendaraan roda tiga ini.
  1. Mercusuar Pandansari
Mercusuar Pandansari Yogyakarta
Saat anda berada di kawasan Pantai Gua Cemara, ada baiknya untuk menyambangi Mercusuar Pandansari yang letkanya hanya 20 meter. Di situlah anda dapat menyaksikan hamparan pesisir selatan dari ketinggian. Namun, anda perlu membayar Rp. 5000,- agar bisa menaiki menara ini, dimana sembari anda bisa melayangkan pandang ke segala penjuru,  dengan melihat lahan pertanian buah naga dan kolam budidaya udang di sekitar pantai selatan. Menariknya anda akan menjumpai nelayan yang kerap mencari ikan.
  1. Lokasi dan Akses Pantai Gua Cemara
Pantai Gua Cemara berada di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Nah, jika anda ingin ke pantai ini, maka dari jantung kota Jogya hanya berjarak 30 kilometer ke arah selatan. Rute menuju Pantai Gua Cemara terbilang cukup mudah. Apabila berangkat dari Yogyakarta, ambilah rute menuju Kabupaten Bantul. Barulah, setelah sampai di pusat kota Bantul, anda harus mengarah lurus ke selatan hingga menjumpai ruas jalan baru lintas selatan. Dimana nantinya akan tembus sampai ke  Gunung Kidul.  Hanya berjarak 2 km dari Pantai Samas dan tiba di Pantai Goa Cemara.

Karena keunikan yang telah diulas pada bagian sebelumnya, Pantai Goa Cemara menjadi salah satu lokasi destinasi wisata yang terkenal di Yogyakarta. Saking lebatnya hingga membentuk seperti terowongan atau goa, dari sanalah muncul nama Pantai Goa Cemara.