Kapal Pesiar Ala Pelni Sudah Bisa Dinikmati

Kapal Pesiar Ala Pelni New KM Kelud
KM Kelud
Kabar gembira buat Kamu yang hobi travelling, Kapal Pesiar ala Kapal Pelni sudah bisa dinikmati oleh para pengguna angkutan laut ini, sejak akhir tahun 2014 PT Pelni telah mulai melakukan terobosan menggaet para wisatawan melakukan perjalanan menggunakan Kapal Pelni, yaitu dengan mengubah beberapa kapal Pelni menjadi seperti kapal pesiar fasilitas yang lengkap dan keren.
Saat ini PT Pelni mengoperasikan 28 kapal yang bisa digunakan traveler untuk berlayar ke berbagai tujuan di Indonesia. Medan, Batam, Kalimantan, Ambon hingga Papua, traveller bisa mencoba sensasi yang berbeda dengan wisata naik kapal Pelni, tanpa perlu khawatir dengan kondisi kumuh dan kotor yang selama ini lekat dengan keadaan kapal Pelni, karena kini kata kumuh dan kotor sudah jauh dari kapal Pelni
Sejak 14 November 2014, Pelni resmi meluncurkan New KM Kelud. Kapal yang biasa berlayar dengan rute dari Jakarta-Batam-Medan ini dirombak habis-habisan 5 bulan sebelumnya dan menghabiskan dana sekitar Rp 5 M!
Beberapa fasilitas yang dibenahi seperti kamar mandi di kelas ekonomi yang memakai shower dan perbaikan saluran air sehingga tidak mampet, penambahan sekering di setiap kasur untuk memudahkan mengisi ulang baterai ponsel atau gadget, sampai pengadaan CCTV untuk menambah rasa aman.
Kemudian, ruang bioskop mini pun dipoles dengan bangku penonton yang lebih rapi. Bahkan, Pelni membuat fasilitas baru seperti playground dan kafetaria terbuka di dek 8. Asyik!
Selain itu, badan kapalnya dihias agar lebih terlihat menarik. Karena New KM Kelud berlayar ke Medan sebagai destinasi akhir, maka hiasan gambar kain ulos terpampang di bagian badan kapalnya. Bisa dijadikan latar untuk berfoto-foto sebelum berlayar.
"New KM Kelud itu 'little cruise' ala Pelni," ujar Dirut Pelni, Sulistyo Wimbo Hardjito kepada wartawan di ruang Salon Perwira New KM Kelud pada pelayaran perdananya dari Jakarta ke Batam dan Medan pada Jumat (14/11/2014) silam.
Selain soal failitas, pelayanan dari ABK (Anak Buah Kapal) juga makin ditegaskan. Mereka lebih diberikan pelatihan hospitality yang lebih ramah dan sopan kepada penumpang. Soal para porter yang naik ke atas kapal kala kapal berlabuh juga pelan-pelan dibenahi. Pelni mulai menggalakan agar mereka tidak naik ke atas kapal demi kenyamanan penumpang.
Wimbo punya mimpi agar kapal-kapal Pelni lainnya dibuat sedemikian rupa seperti New KM Kelud. Fasilitas di dalamnya dipoles dan pelayanan terus ditingkatkan. Secepatnya, dia ingin memperbaiki citra kapal Pelni.
"Berikutnya adalah KM Tidar yang mau dibikin seperti New KM Kelud. Kalau Kelud itu untuk Indonesia bagian barat, maka KM Tidar untuk Indonesia Timur. Rutenya Surabaya-Makassar-Ambon," papar Manager Komunikasi Pelni, Akhmad Sujadi ketika dihubungi detikTravel, Kamis (5/3/2015).

Dua jempol untuk Apa yang telah dilakukan Pelni saat ini, meski tak semewah fasilitas kapal pesiar, perbaikan telah dilakukan secara maksimal oleh PT Pelni untuk menghapus image buruk Kapal Pelni yang lekat dengan tidak aman dan nyama, serta kumuh dan kotor, mengubahnya menjadi alat transportasi yang menyenangkan, nyaman, dan tentu saja aman sehingga masyarakat memilih sebagai alat transportasi dan wisata sekaligus

Kita tunggu saja, kapal-kapal pesiar ala Pelni berikutnya!