Tempat Wisata di Kota Batu Malang Jawa Timur

Tempat Wisata di Kota Batu Malang Jawa Timur. Mendengar Kota Batu Malang suasana yang terbayang dalam pikiran suasana sejuk diantara hamparan perkebunan hijau yang menenangkan, memang sejak dahulu kota ini terkenal memiliki tempat wisata menarik. Sebenarnya Kota Batu dan Kota Malang adalah dua kota yang berbeda, namun tetap saja Kota Malang dan Kota Batu bagaikan dua kota yang tidak terpisahkan. Oleh sebab itu kita sebut saja kedua kota ini dengan sebutan Kota Batu Malang.
Ada banyak obyek wisata yang dapat Anda kunjungi saat singgah di Kota Batu Malang, berikut sedikit ulasan tentang beberapa obyek wisata di Kota Batu dan Kota Malang, baik obyek wisata alam dan taman maupun obyek wisata sejara yang ada di Kota Batu dan Kota Malang Jawa Timur.

Obyek Wisata Alam Kota Batu dan Kota Malang


  • Taman Rekreasi Kota Malang

Tarekot Tempat Wisata di Kota Batu Malang
Foto:malangkota.go.id
Taman Rekreasi Kota Malang, taman rekreasi yang terkenal dengan singkatan Tarekot ini terletak di tengah Kota Malang, lokasi tepatnya ada di belakang Gedung Balaikota Malang. Taman ini menjawab keinginan masyarakat Kota Malang yang ingin berekreasi di tengah Kota Malang dengan fasilitas yang memadai dan terjangkau.
Selain fasilitas permainan anak, di Tarekot terdapat sarana olah raga, seperti: kolam renang, joging track, dan area senam, terdapat juga sarana wisata pengetahuan seperti koleksi flora dan fauna. Untuk Anda yang hobi berbelanja produk khas serta kuliner khas Malang disediakan juga stand produk unggulan dan stand kuliner khas Malang.

  • Hutan Kota Malabar

Hutan Kota Malabar Tempat Wisata di Kota Batu Malang
foto:wikimapia.org
Mungkin Karena letaknya yang ada di jalan Malabar, maka hutan ini disebut Hutan Kota. Di tengah Hutan Kota yang memiliki luas lahan 16.718m2 ini kolam air yang konon menjadi sumber untuk mengairi taman-taman di kota Malang. Hawa sejuk dan kicauan burung akan menyambut pengunjung saat memasuki Hutan Kota Malabar dan pemandangan pepohonan yang lebat sehingga terasa nyaman dan menenangkan saat berada disini

  • Agro Wisata Apel Malang

Apel Malang Tempat Wisata di Kota Batu Malang
Foto:travel.detik.com
Salah satu pengalaman yang bisa di dapatkan dari objek wisata perkebunan Apel di Malang adalah Pengalaman memetik Apel langsung dari pohonnya dan berkesempatan menikmati Apel dari petikan tangan kita sendiri, Di sini Anda bisa mendapat pemandu wisara, minum sari apel, dan memetik serta makan apel sepuasnya dengan biaya yang sangat terjangkau.
Daerah Kebun Apel yang biasa di jadikan lokasi agro wisata apel Malang antara lain adalah Desa Binangun, Banaran, Desa Cangar, Keliran, Gempol, dan Gunduh. Alasannya karena ke enam lokasi ini masyarakatnya sudah sadar wisata, panoramanya indah dan akses jalannya mendukung.

Wisata Sejarah Kota Malang


  • Museum Brawijaya Malang

Museum Brawijaya Kota Malang dibangun pada tahun 1967-1968, Nama Museum Brawijaya ditetapkan berdasarkan keputusan Pangdam VIII/Brawijaya tanggal 16 April 1968 dengan sesanti (wejangan) 'Citra Uthapana Cakra' yang berarti sinar (citra) yang membangkitkan (uthapana) semangat/kekuatan (cakra). Sedangkan museum diresmikan pada tanggal 4 Mei 1968. Beberapa kolek Museum Brawijaya diantaranya:

  1. Tank buatan Jepang hasil rampasan arek-arek Suroboyo pada bulan Oktober 1945, 
  2. Senjata Penangkis Serangan Udara (PSU) atau Pompom Double Loop direbut oleh pemuda BKR dari tentara Jepang , 
  3. Meriam 3,7 Inch (Si Buang), dirampas dari Belanda dalam serangan 10 Desember 1945 oleh pasukan TKR dan laskar pejuang lainnya, 
  4. Tank Amfibi AM Track pernah digunakan oleh tentara Belanda yang hendak menduduki kota Malang pada masa Perang Kemerdekaan I
  5. Masih banyak lagi koleksi museum Barawijaya peninggalan dari tahun 1945-1949


  • Museum Mpu Purwa

Didirikan pada tanggal 2 Mei, 2004 pada mulanya museum ini merupakan Balai Penyelamatan Benda Purbakala yang diubah menjadi museum. Museum ini terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 210, Kota Malang dan berada didalam komplek perumahan Griyasantha. Museum ini kini menyimpan sekitar 130 arca dan patung yang berasal dari Kerajaan Mpu Sindok sampai Kerajaan Majapahit.
Koleksi benda sejarah yang tersimpan di Museum Mpu Purwa kebanyakan berupa patung dan arca yang berasal dari masa Kerajaan Mpu Sindok sampai Kerajaan Majapahit. Beberapa diantaranya adalah arca Brahma yang memiliki model unik, berbeda dari arca-arca Brahma lain yang pernah ditemukan. Arca ini merupakan mascot dari Museum Mpu Purwa. Selain itu ada banyak arca Ganesya di museum ini, tapi arca Ganesya yang paling unik adalah arca Ganesya tikus. Arca ini berukuran kecil dan Ganesya dalam arca ini digambarkan sedang duduk di atas Musaka (seekor tikus kecil). Arca ini adalah satu-satunya arca di Indonesia yang menggambarkan sang dewa sedang mengendarai wahananya. Arca seperti ini hanya banyak ditemukan di India. Lalu ada juga arca Bodhisatwa yang juga hanya banyak ditemukan di India.

  • Museum zoologi Frater Vianney

Museum Zoologi Frater Vianney terletak di Desa Karangwidoro, Malang, Jawa Timur tak jauh dari Candi Badut tepatnya di Jl. Raya Karangwidoro 7 Karangbesuki, Dau. Museum zoologi ini memiliki ratusan koleksi spesimen konkologi, ilmu hewan kerang-kerangan darat dan laut, serta herpetologi (ilmu tentang biologi ular). Ratusan koleksi dalam museum ini adalah gabungan dari koleksi Almarhum Frater Vianney.
Ribuan koleksi yang ada meliputi seluruh famili hewan Mollusca (hewan avertebrata bertubuh lunak) yang meliputi 80 famili yang ada di Indonesia dan beberapa negara lain. Ada ratusan spesimen (bahan koleksi individu tunggal atau beberapa individu) yang sudah teridentifikasi dengan baik oleh kedua orang tersebut. Koleksi museum lainnya adalah burung cendrawasih, burung hantu, kura-kura, kubung terbang. Dari kelas reptilia berupa ular awetan basah meliputi ular weling, ular cincin mas, ular hijau; serta iguana.
Museum ini buka pukul 08-12.00 & 16.00-18.00 WIB (Senin-Sabtu). Sedangkan harga tiket masuknya beragam SD Rp 10.000, SMP Rp 12.500, SMA Rp15.000, PT Rp 20.000.

Demikian ulasan singkat beberapa tempat wisata Kota Batu Malang Jawa Timur, semoga bermanfaat