Daftar Tempat Wisata Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tulungagung, dan Kota Batu

Pada bagian ke-lima artikel tentang obyek wisata di Jawa Timur ini akan Kami sajikan daftar tempat wisata Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Tulungagung, dan Kota Batu

Daftar Tempat Wisata di Situbondo

daftar tempat wisata situbondo baluran
Foto:id.wikipedia.org
Kota ini terletak didaerah pesisir utara pulau Jawa dikelilingi oleh perkebunan tebu, tembakau, hutan lindung Baluran dan lokasi usaha perikanan. Letaknya yang strategis, ditengah jalur transportasi darat Jawa Bali, kegiatan perekonomiannya tampak terjaga “hidup ”. Situbondo mempunyai pelabuhan Panarukan yang terletak sebagai ujung timur dari Jalan raya Pos Anyer – Panurakan di pulau Jawa yang dibangun oleh Daendels pada era kolonial Belanda.
Kabupaten Situbondo dikenal dengan sebutan “ daerah Wisata pantai pasir Putih “, sangat cocok untuk berenag, berperahu dan menyelam menikmati keindahan taman laut. Letaknya di kawasan timur menuju Bali. Luas wilayah 1.638,50 Km2. Aneka satwa seperti banteng, harimau, ayam hutan, kerbau liar dan rusa dapat disaksikan di Taman nasional Baluran. Wisatawan yang berkunjung dapat memanfaatkan sarana akomodasi yang telah disediakan agar lebih leluasa menikmati petualangan di Taman Nasional Baluran.
Obyek wisata lainnya adalah Air terjung Setancak, Pantai Pathek, Pelabuhan Jangkar dan Panorama Gunung Rengganis. Hasil kebun berupa mangga manalagi, gadung dan arum manis menjadi ciri khas daerah ini.

Daftar Tempat Wisata di Sumenep

Daftar Tempat Wisata Sumenep Pantai Slopeng
Foto:id.wikipedia.org
Kabupaten Sumenep terletak di ujung pulau Madura merupakan pusat kerajaan Madura di masa lalu. Dalam catatan sejarah, nama Sumenep lebih dikenal dengan sebutan songeneb, yang secara etimologis mempunyai pengertian (1) Lembab bekas endapan yang tenang, (2) Lembab endapan yang sejuk dan rindang dan atau (3) cekungan atau lembah tenang atau pelabuhan yang tenang.
Sebagai pusat pemerintahan di masa lalu, di Kabupaten Sumenep terdapat banyak bangunan kuno dengan gaya arsitektur campuran antara Jawa, Cina, Eropa dan Arab yang sampai kini terpelihara dengan sangat baik, seperti Keraton Sumenep, Masjid Jamiq dan makam keluarga raja Asta Tinggi. Bentuk tari klasik yang dapat disaksikan antara lain tari Moang Sangkal dan Tari topeng Dalang.
Alam pantainya menawarkan panorama yang menarik dengan hamparan pasir putih dengan cemara udang tumbuh di sepanjang tepian pantainya, seperti yang dapat disaksikan di Pantai Slopeng dan Lombang.Secara administratif Kabupaten Sumenep berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, disebelah timur berbatasan dengan laut Jawa dan Laut Flores, di sebelah Barat dengan Kabupaten Pamekasan, sedangkan disebelah selatan berbatasan dengan  Selat Madura.
Luas wilayahnya mencapai 1.998,54 Km2 terbagi atas bagian darat seluas 1.147,24 Km2 dan bagian kepulauan seluas 851.30 Km2. Kabupaten Sumenep sebagai daerah kepulauan dengan 126 buah pulau besar, kecil dan sangat kecil dipersiapkan sebagai daerah tujuan wisata, perikanan, peternakan dan industri penggaraman. Oleh karena itu struktur perekonomian kabupaten Sumenep didominasi oleh sektor kelautan, pertanian, perdagangan, hotel dan restoran serta sektor jasa.
Komoditas unggulan hasil laut (perikanan) di Kabupaten Sumenenp yang berorientasi ekspor selain teri nasi adalah ikan kerapu, ikan hias, terimpang dan lobster dengan negara tujuan ekspor Jepang, Hongkong, Singapura dan Korea Selatan. Selain komoditi ekspor tersebut, perairan Sumenep juga mempunyai potensi yang cukup tinggi hasil-hasil perikanan lainnya, seperti ikan layang, tongkol, kembung, tengiri, cumi-cumi, lemuru, bambangan, peperek, kakap merah, udang dan kepiting

Daftar Tempat Wisata di Trenggalek

Daftar Tempat Wisata Trenggalek Gua Lawa
Kabupaten Trenggalek memiliki wilayah seluas 1.205,22 Km2.  Letaknya di pesisir pantai selatan dan mempunyai batas wilayah sebelah utara dengan kabupaten Ponorogo, sebelah timur dengan Kabupaten Tulungagung , sebelah selatan dengan Pantai Selatan dan sebelah barat dengan Kabupaten Pacitan.
Kabupaten Trenggalek bermula dari sebuah Perdikan Kampak pada masa Raja Empu Sendok kemudian berkembang menjadi Perdikan kamulan. Kondisi geografis daerah ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Kabupaten Trenggalek mempunyai banyak tempat peristirahatan dan tempat wisata yang mempunyai keindahan yang masih asli belum berubah oleh keadaan jaman, misalnya Gua,
Pantai dan pegunungan yang asri. Di pegunungannya banyak ditemukan gua-gua yang indah, seperti Gua Sripit atau yang lebih dikenal dengan Gua Lawa. Sedangkan daerah pesisirnya terdapat hamparan pantai yang indah dengan gelombang cukup besar dan ditepinya ditumbuhi pohon-pohon kelapa.
Pantai Prigi merupakan desa nelayan yang dilengkapi fasilitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Pantai Karanggongso memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan yang indah. Sedangkan pantai Pelang yang berupa Teluk memiliki panorama indah dan disekitarnya terdapat Gua yang menghadap ke laut. Pada 1 Suro di Pantai Prigi diselenggarakan upacara Labuh Laut Larung Semboyo.

Daftar Tempat Wisata di Tulungagung

Daftar Tempat Wisata Tulung Agung Pantai Popoh
Foto:id.wikipedia.org
Kabupaten Tulungagung memiliki luas 1.055,65 km2 pda koordinat 111043’-11207’ BT dan 7051’-8008’ LS. Batas-batas wilayah Kabupaten Tulungagung secara administratif adalah sebelah utara : Kabupaten Kediri; sebelah selatan : samudera Hindia ; sebelah timur : Kabupaten Blitar dan sebelah barat : Kabupaten Trenggalek.
Wilayah Tulungagung yang menghadap samudera Indonesia memiliki pantai yang indah. Pantai Popoh, 30 km sebelah selatan kota Tulungagung adalah obyek wisata pantai yang banyak dikenal wisatawan nusantara. Selain itu juga dapat dinikmati Sendang Lawean Penampehan, ponorama matahari terbenam di batu karang Klatak atau berperahu, berenang serta memancing di bendugan Wonorejo. Peninggalan sejarah dapat dilihat Candi Mirigambar, yang juga dikenal dengan nama Candi Angling Darma.
Tulungagung juga memiliki budaya khas antara lain Manten Kucing, Jamasan Kya Upas, Suro Wekasan, Labun Sembonyo, Upacara Ulur-ulur, langen Beksan/ Tayub, Tari Ritual Tiban, Jaranan Sentherewe, Reyog, Kentrung dan Wawang Jemblung.
Tulungagung terkenal sebagai salah satu penghasil marmer terbesar di Indonesia, yang bersumber di bagian selatan Tulungagung. Tulungagung juga termasuk salah satu pusat industri marmer di Indonesia, dan terpusat di selatan terdapat perajin marmer. Selain industri marmer, di Tulungagung juga tumbuh dan berkembang berbagai industri kecil dan menengah yang kebanyakan memproduksi alat-alat/ perkakas rumah tangga. Di Kecamatan Nguntut terdapat industri makanan ringan seperti kacang atom.

Daftar Tempat Wisata di Kota Batu

Daftar Tempat Wisata Batu Malang
Kota Batu terletak 15 km sebelah barat Kota Malang, berada di jalur malang Kediri/Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan di sebelah Utara, serta dengan Kabupaten Malang di sebelah Timur, Selatan dan barat. Wilayah kota ini berada di ketinggian 680-1.200 meter dpl, dengan suhu udara 15-19oC Luasnya 202,30 km2 pada koordinat 7o44’55’110 – 8o26’35,450 LS dan 122o170 10,900 – 122o57’ BT.
Kota Batu memiliki panorama yang indah, sejuk dan memiliki spesifikasi khusus yaitu dikeleilingi Gunung Pandermin, Gunung Banyak, Gunung Welirang dan Gunung Bokong. Kota Batu pernah dijuluki “De Kleiner Swiszerland” atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Mempunyai banyak potensi wisata yang menawan. Obyek wisata Songgoriti terdapat Candi Songgoriti dan Patung Ganesha peninggalan Kerajaan Singasari, serta tempat peristirahatan yang dibangun sejak zaman Hindia Belanda.
Wisata Goa di Cangar  dan Tlekung, terdapat pula goa dengan kedalaman 15 km. Tempat wisata andalan lainnya adalah Selecta dan Kusuma Agrowisata (perkebunan apel) wisata memetik apel Malang di lereng Gunung Panderman. Selain itu terdapat juga permandian air panas di Cangar. Obyek wisata lain di kota Batu adalah air terjun Coban Rondo, Coban Rais d an Coban Pelangi. Dan ada juga objek wisata terbaru di kota Batu berupa aero wisata Para Layang. Bagi yang suka berkemah dan naik gunung, ada banyaj lokasi untuk anda, diantaranya : Gunung Arjuno, Gunung Panderman, Coban Rondo, Coban Rais, Cangar, Junggo, Gunung Banyak dan Coban Banteng.
Setiap hari minggu, di alun-alun Batu diselenggarakan Pasar Wisata Minggu yang menjual makanan khas Batu serta kerajinan. Jatim Park merupakan salah satu tempat wisata paling popular di Jawa Timur, dan kini menjadi salah satu icon Kota Batu dan Malang. Kota ini banyak terdapat villa serta sejumlah hotel berbintang lima.Batu juga dikenal sebagai kawasan agropolitan, sehingga mendapat julukan Kota agropolitan. Seperti halnya kawasan Malang di sekitarnya, Batu banyak menghasilkan apel, sayur-sayuran dan bawang putih.