Daftar Tempat Wisata di Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Sampang, dan Sidoarjo

Pada bagian ke empat artikel tentang daftar wisata di Jawa Timur ini, akan sedikit diulas daftar tempat wisata di Pamekasan, Pasuruan, Ponorogo, Sampang, dan Sidoarjo. Wisata pantai banyak terdapat di Pamekasan, Sejuknya suasana pegunungan dan indahnya air terjun bisa ditemukan di tempat-tempat wisata Pasuruan, wisata budaya yang sangat terkenal di mancanegara ada di Ponorogo, serta banyak tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Sampang dan Sidoarjo.

Daftar Tempat Wisata di Pamekasan

Tempat Wisata Pamekasan Pantai Jumiang
Foto:pamekasankab.go.id
Kabupaten Pamekasan memiliki luas wilayah 792,30 Km2. Terletak pada kordinat 6o51-7o31 LS dan 113o19-113o58 BT. Secara administratif memiliki perbatasan dengan Kabupaten Sumenep di sebelah timur, selatan dengan selat Madura, utara dengan Laut Jawa dan barat dengan Kabupaten Sampang.
Keindahan alam dan budayanya mampu menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Di Kecamatan Propo terdapat sentra kerajinan Batik Tulis Madura yang memiliki corak berbeda dibandingkan dengan Batik Madura produksi daerah lain.
Obyek wisata alam yang terkenal adalah sumber api alam abadi yang telah dikelola dan cocok untuk wisata perkemahan. Wisata budaya kerapan sapi juga dapat disaksikan sekitar bulan Agustus. Sedangkan pantai yang sering dikunjungi wisatawan adalah pantai Jumiang, Talang Siring dan Batu Kebuy.
Hasil laut unggulan daerah ini antara lain teri nasi, rumput laut, ikan lumuru dan ikan raja. Khusus untuk teri telah menembus pasar internasional yaitu Jepang. Hasil tangkapan para nelayan memiliki mutu dan kualitas teri yang cukup putih, bersih dan kondisi teri kelihatan utuh seperti nasi, maka disebut teri nasi yang mempunyai nilai tinggi dipasaran. Biasanya komoditas ini dipergunakan sebagai lauk yang sangat enak dan gurih.

Daftar Tempat Wisata di Pasuruan

Tempat Wisata Pasuruan Taman Safari Prigen
foto:pasuruankab.go.id
Kabupaten Pasuruan terletak pada koordinat 112 0 30’ – 113030’ BT dan 7030’ – 80 30’ LS Luasnya 1.474 Km2 (147.401.50 Ha) berbatasan dengan Kabupaten Sidoarjo dan Laut Jawa di utara, Kabupaten Probolinggo di barat, Kabupaten Malang di selatan, Kota Batu di barat daya, serta Kabupaten Mojokerto di barat, Kabupaten ini dikenal sebagai daerah industry dan daerah wisata termasuk Gunung Bromo.
Kabupaten ini memeiliki salah satu kawasan industry utama di jawa Timur, Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Industri utama di kabupaten ini antara lain Sampoerna, Matsushita (Panasonic) dan PT. Nestle Indonesia.
Pasuruan merupakan pintu masuk kawasan Bromo dari arah barat. Dari Gunung Pananjakan dapat dinikmati panorama Gunung Bromo yang indah dan pada saat yang tepat dapat diabadikan keindahan matahari terbit yang sudah dikenal sejak jaman Belanda. Daya tarik Tretes antara lain Air Terjun kakek Bodo, bumi perkemahan, berkuda dll. Faasilitas penginapan dilengkapi dengan kolam renang. Peninggalan sejarah yang dapat disaksikan adalah Candi Jawi, yang didekatnya terdapat panggung terbuka terbesar di Asia Tenggara dibangun pada tahun 1972, yaitu Taman Candra Wilwatikta. Bagi yang ingin mengenal aneka satwa dapat mengunjungi Taman Safari Indonesia II. Sedangkan aneka tumbuhan dapat dikunjungi di kebun Raya Purwodadi. Atraksi menarik lainnya adalah Ski Lot yang dilaksanakan pada Hari lebaran Ketupat di Pantai Sukok.

Daftar Tempat Wisata di Ponorogo

Obyek Wisata Reog Ponorogo
Foto:id.wikipedia.org
Kabupaten Ponorogo terletak antara 111o17’ – 111o52’ BT dan 7o49’ – 8o20’ LS, dengan batas-batas administratif disebelah utara Kabupaten Madiun, Magetan dan Nganjuk, sebelah timur Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung, sebelah selatan Kabupaten Pacitan, dan sebelah barat Kabupaten Pacitan dan Wonogiri (Jawa Tengah). Luas wilayahnya 1.402,92 Km2.
Bumi Reog Ponorogo adalah sebutan bagi Kabupaten Ponorogo sebagai tempat asal kesenian yang telah menyebar hampir ke seluruh Nusantara. Daya tarik utama kesenian Reog Ponorogo adalah topeng “dadak merak”, berupa gabungan kepala Harimau dan Burung Merak seberat 50 kg. topeng ini dimainkan dengan mengandalkan kekuatan leher dan gigi semata. Irama musiknya bersemangat mengajak penontonnya ikut bergoyang.
Setiap tanggal 1 Suro di Kota Ponorogo diadakan Festival Reog Tingkat Nasional yang diikuti oleh beberapa daerah yang ikut mengembangkan kesenian Reog dengan memperebutkan Piala Presiden RI. Pada malam bulan purnama setiap bulannya di Paseban Alun-alun Ponorogodapat dilaksanakan pertunjukan seni Reog Ponorogo.
Obyek wisata alamnya adalah Telaga Ngebel yang berada di kaki Gunung Wilis terletak 18 km arah timur laut Kota Ponorogo. Selain itu dapat pula dikunjungi Air Terjun Tirto Waluyojati, Toyamarta dan Platuk. Sedangkan Gua Lowo tidak kalah menariknya, selain itu masih ada obyek wisata Ngembag dan kucur. Produk unggulan daerah ini adalah Tepung Tapioka, Furniture dan Kerajinan tangan, Minyak Kayu Putih, Terpentin dan Gondorukem.

Daftar Tempat Wisata di Sampang

Tempat Wisata Sampang Pantai Camplong
foto:travel.detik.com
Kabupaten Sampang terletak pada 6o 05’ – 7o 13’ LS dan 113o08’-113o39’ BT. Dengan batas-batas di selatan dengan selat Madura, utara dengan Laut Jawa, barat dengan Kabupaten Bangkalan dan timur dengan Kabupaten Pamekasan. Luas wilayahnya mencapai  1.152,04 Km2.
Obyek wisata yang menarik dari daerah ini adalah pantai Camplong, taman rekreasi pantai ini dilengkapi dengan arena bermain anak-anak dan penginapan.
Obyek wisata lainnya adalah makam Mandengan, Waduk Klampis, Air Terjun Toroan, Petilasan Raden Segoro dan Petilasan Pababaran. Bagi penggemar olahraga air dapat menuju Pulau Mandangin dengan menggunakan speedboat maupun jetfoil.

Daftar Tempat Wisata di Sidoarjo

Tempat Wisata Sidoarjo Candi Pari
foto:id.wikipedia.org
Kabupaten Sidoarjo, adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibukotanya adalah sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di Utara, Selat Madura di timur, KabupatenPasuruan di selatan, serta kabupaten Mojokerto di barat. Sidoarjo dikenal sebagai penyangga utama Kota Surabaya dan termasuk kawasan Gerbang Kertosusila. Luas 591,59 Km2.
Bandara Internasional Juanda dan Terminal Bus Purabaya yang dianggap sebagai milik Surabaya, berada di wilayah Kabupaten ini. Terminal Purabaya merupakan gerbang utama Surabaya dari arah selatan dan salah satu terminal bus terbesar di Asia Tenggara. Kereta Komuter Surabaya Sidoarjo Porong menghubungkan kawasan sidoarjo dengan Surabaya.Industri dan jasa merupakan sector perekonomian utama Sidoarjo. Selat Madura di timur merupakan daerah penghasil perikanan, diantaranya ikan, udang dan kepiting. Sidoarjo juga dikenal dengan sebutan kota petis.
Sidoarjo termasuk daerah delta, karena diapit oleh dua aliran sungai pecahan sungai Berantas, yaitu Kali Porong dan Kali Mas, sehingga lahan pertaniannya sangat subur dan memiliki potensi perikanan yang cukup tinggi. Perkembangan Kota Sidoarjo cukup pesat, terutama di sector industry kecil. Sentra industri tas dan koper di Tanggulangin menjadi tujuan utama wisata belanja bagi para wisatawan.
Kerajinan tas dan koper intake banyak menawarkan aneka produk berkualitas. Daerah ini juga memiliki obyek wisata yang menarik antara lain Pantai Kepetingan, Pucukan dan Gesik Cemandi. Peninggalan sejarah berupa candi juga banyak ditemukan antara lain Candi Pari, , Dermo, Pamotan, Tawang Alun dan Klajen. Agenda budaya yang dilakukan antara lain upacara Petik Laut di pantai Gesik Cemandi. Tasyakuran Laut setiap menjelang Mulud di Mburu dab Nyadran dilaksanakan seminggu sebelum puasa. Bagi petani tambak dapat menghadiri Lelang Bandeng setiap peringatan maulud Nabi Muhammad SAW bertempat di pendopo Kabupaten Sidoarjo.