Daftar Tempat Wisata Jawa Timur di Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, dan Malang

Melanjutkan artikel yang lalu yaitu: tentang daftar tempat-tempat wisata di Jawa Timur, pada bagian kedua artikel tentang daftar tempat wisata Jawa Timur ini Kami akan mengulas tempat-tempat wisata di Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan, dan Malang

Tempat Wisata di Lamongan Jawa Timur

Makam Sunan Drajat Daftar Tempat Wisata Jawa Timur

Kabupaten Lamongan secara geografis terletak pada 6051054” – 702306”LS dan 1220440-122033012” BT. Luas wilayahnya 1.82,8 Km2 memiliki garis pantai sepanjang 47 Km. wilayah daratannya dibelah oleh Sungai Bengawan Solo, dan secara garis besar daratannya dibedakan menjadi 3 karakteristik yaitu dataran rendah yang subur di bagian tengah, pegunungan kapur berbatu-batu dengan kesuburan sedang di bagian selatan dan utara. Sedangkan bagian tengah utara merupakan daerah bonorowo sebagai daerah rawan banjir.
Batas wilayah administratif Kabupaten Lamongan adalah : sebelah utara dengan  Laut Jawa, sebelah timur dengan Kabupaten Gresik, sebelah selatan dengan Kabupaten Jombang dan Kabupaten Mojokerto sedangkan sebelah barat dengan Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.
Daerah ini menjadi salah satu tujuan wisata ziarah Wali Songo ke makam Sunan Drajat dan Makam Sunan Sendang Duwur. Gua Maharani yang memiliki luas 2.500 M2 dan kedalaman 5m telah tertata rapi dan menarik untuk dikunjungi. Kawasan Tanjung Kodok telah dikembangkan menjadi wisata pantai dengan fasilitas yang lengkap.
Selain itu terdapat Waduk Gondang untuk kegiatan memancing dan berenang. Obyek wisata andalan lainnya yang telah dibangun dan beroperasi adalah Taman Wisata Bahari di kawasan Tanjung Kodok yang juga merupakan Jatim Park II dengan bangunan unik berbentuk laut yang diberi nama Wisata Bahari Lamongan (WBL).
Tiket Pesawat Daftar Tempat Wisata Jawa Timur

Tempat Wisata Lumajang Jawa Timur

Dari Lumajang, wisatawan juga dapat masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger lewat Rabu Pane. Bagi mereka yang suka mendaki gunung, jalur ini menjadi favorit untuk memulai perjalanan menuju puncak Semeru. Daya tarik alam yang sering dikunjungi adalah segitiga ranu (danau), yaitu Ranu Pakis, Ranu Bedak dan Ranu Klakah. Di Ranu Klakah selain keindahan alam juga telah tersedia fasilitas akomodasi yang cukup nyaman.
Daerah Lumajang memiliki banyak pantai yang menarik dikunjungi karena keberadaan batu karang di pinggir pantainya sehingga memberi pemandangan yang indah, antara lain Watu Godeg, Watu Gedeg, Watu Pecak, Dampar, Wotgalih Tlepuk, dan Bambang. Selain itu masih terdapat candi Mandara Giri dan Gua Tetes.

Tempat Wisata Madiun Jawa Timur

Kabupaten Madiun memiliki luas wilayah 1.009,05 Km2. Dan berbatasan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Nganjuk di sebelah timur, Kabupaten ponorogo di selatan serta Kota Madiun, Kabupaten Magetan dan Ngawi di barat. Ibukotanya adalah Madiun, namun sebagian besar gedung-gedung pemerintahan berada di Kota Caruban.
Kondisi topografi kabupaten Madiun pada bagian utara berupa perbukitan, yakni bagian dari rangklaian Pegunungan Kendeng. Bagian tengah merupakan dataran tinggi dan bergelombang, sedang bagian tenggara berupa pegunungan, bagian dari komplek Gunung Wilis-Liman.Di wilayah Kabupaten Madiun dapat dijumpai beberapa obyek wisata antara lain Waduk Widas, Grape dan Taman Rekreasi Umbul.
Di obyek wisata tersebut tersedia fasilitas perkemahan, tempat pertemuan serta untuk aktivitas rekreasi lainnya. Bagi mereka yang menyukai suasana alam yang masih asli dapat mengunjungi Air Terjun Seweru/Kedung Malem atau Air Terjun Serondo yang terletak di lereng Gunung Wilis. Di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu terdapat situs peninggalan kerajaan majapahit yang setiap 1 Suro digunakan sebagai penyelenggaraan upacara ritual.
Peninggalan-peninggalan jaman Majapahit berupa : Pura lambangsari, Pasiraman dan disekitar tempat itu ada beberapa tempat keramat antara lain : rumah Eyang Kromodiwiryo, Watu Dakon yang dulu digunakan untuk menyimpan Pusaka, Raden Lambing Kuning, Lumbung Selayut, Sumur Kuno dan Sendang Jambangan.
Produksi unggulan Kabupaten Madiun berupa hasil kebun adalah Semangka, Melon, durian, Cabe Merah dan Tomat. Sedangkan dari perkebunan besar dihasilkan Kopi dan Kakao.

Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur

Magetan merupakan Kabupaten yang terletak di ujung barat Provinsi Jawa Timur. Luas wilayahnya 688 8 Km2 . Magetan berasal dari nama Ki Ageng mageti yaitu tokoh yang membuka lahan untuk dijadikan pemukiman. Letaknya di kaki Gunung  Lawu membuat daerah ini laya obyek wisata alam danau dan air terjun.  Telaga Pasir atau yang lebih dikenal dengan Telaga Sarangan merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Magetan.
Di lokasi wisata ini dapat dilakukan aktivitas berperahu, berkuda, ski air berkemah dll. Untuk kebutuhan sarana penginapan tersedia Hotel dari mulai kelas Melati sampai Berbintang. Pada tanggal 1 Suro mesyarakat melakukan Upacara Labuh Sesaji ke tengah Telaga dengan prosesi yang mengundang kemeriahan.
Selain itu juga dapat dikunjungi Telaga Wahyu, Bumi Perkemahan Mojosemi, Air Terjun Tirtosari, Taman Ria Manunggal Taman Ria Kosala Tirta. Sedangkan obyek wisata ziarah dapat dikunjungi ke Makam GBR Ay. Madureto dan Monumen Soco.Bagi pemerhati sejarah dapat mempelajari Candi Simbatan dan Candi Reog. Obyek wisata yang sedang dalam pengembangan dapat dikunjungi di Desa Ngacar berupa obyek wisata Air Terjun bertingkat terdiri dari Air Terjun Jarakan, Pundak Kiwo dan Watu Ondo.
Di tempat ini juga ditemukan prasasti Watu Ongko yang hingga saat ini misteriusnya masih belum terungkap.  Kabupaten Magetan juga dikenal sebagai daerah pusat kerajinan bambu kulit dan gamelan. Hasil perkebunannya yang terkenal adalah Jeruk Pamelo.

Tempat Wisata di Kabupaten Malang Jawa Timur

Kabupaten Malang beribukota di Kepanjen memiliki perbatasan dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu dan Kabupaten Pasuruan di utara, kabupaten Lumajang di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk.Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur. Kabupaten malang memiliki potensi pertanian. Daerah utara dan timur banyak digunakan untuk perkebunan apel. Daerah pegunungan di barat banyak ditanami sayuran, dan menjadi salah satu penghasil sayuran utama di Jawa Timur, Daerah selatan banyak digunakan ditanami tebu dan horticultural seperti salak dan semangka.
Kabupaten malang merupakan daerah terbesar kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Banyuwangi. Sejarah Kabupaten Malang tidak terlepas dari sejarah kerajaan singasari dengan bukti peninggalan candid an stupa yang mendai tempat ritual persembahan pada masa itu. Candi-candi itu antara lain Candi singosari, Candi jago/Jajaghu, Candi Kidal, Candi Badut dsb. Wisata pantainya terdiri dari pantai Ngliyep, Sendang Biro dan Balekambang.
Di pantai Balekambang setiap tahun oleh pemeluk Hindu digunaklan sebagai tempat pelaksanaan ritual “Jalan Idhipuja” tepatnya di Pulau Ismoyo yang terpisah dari pantai Balekambang dihubungkan dengan jembatan kayu. Bendungan Karangkates dan Selorejo dapat digunakan untuk kegiatan berenang, berperahu maupun memancing. Sedangkan Selecta menyimpan keeksotisannya tersendiri dengan hawa dan panoramanya yang terkenal ke mancanegara.
Malang juga merupakan salah satu pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo-Semeru-Tengger. Wilayahnya yang terletak di lereng gunung dimanfaatkan sebagai daerah perkebunan teh, kopi dan tanaman lainnya. Panorama ini dapat disaksikan di kebun teh Wonosari dan di daerah pedesaan Poncokusumo.
Demikianlah bagian kedua artikel tentang daftar tempat wisata Jawa Timur, selanjutnya di bagian ketiga akan membahas tempat wisata di Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, dan Pacitan, semoga bermanfaat