Daftar Tempat Wisata Jawa Timur Bagian 1

Daftar Tempat Wisata Jawa Timur (Bagian I). Dengan 38 Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Timur tentu saja provinis ini memiliki berbagai obyek wisata yang menarik dan beraneka ragam. Beberapa diantaranya adalah wisata yang ada di Pulau Madura seperti atraksi budaya Karapan sapi dan batik tulis Madura yang kaya warna, dimana sejak dioperasikannya Jembatan Suramadu akses menuju Pulau Madura menjadi lebih mudah. Obyek wisata di Jawa Timur lainnya adalah Gunung berapi Bromo, Kawah Ijen, Goa Gong dan Pantai Plengkung yang amat terkenal keindahannya dan terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja.
Kali ini Kami akan menyajikan daftar tempat wisata alam di Jawa Timur secara lengkap yang Kami tulis menjadi beberapa bagian dan pada bagian pertama ini secara singkat akan Kami ulas tempat wisata di Bangkalan, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jember, Jombang dan Kediri.
Berikut daftar tempat wisata alam di Jawa Timur yang bisa Anda pilih sebagai tujuan berlibur yang menyenangkan untuk Anda dan Keluarga:

Tempat Wisata di Kabupaten Bangkalan

Beberapa tempat wisata di kabupaten Bangkalan Jawa Timur diantaranya: Gua  Bintang, Gua Planangan, Makam Air Mata Ibu di Arosbaya, Pantai Rongkang, Pantai Siring Kemuning, Pantai Maneron dan Pantai Sambilangan.

Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi

Alas Purwo Daftar Tempat Wisata Jawa Timur
Foto:id.wikipedia.org
Obyek Wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi adalah sebagai berikut: cagar alam Meru Betiri, Pantai Sukamade, cagar alam Taman Nasional Alas Purwo, Wisata  Agro Kali Klatak dan Agro Mulyo dengan tanaman utama kopi, Pantai Plengkung yang merupakan salah satu dari 7 pantai yang memiliki ombak terbaik untuk berselancar dan dikenal di mancanegara dengan sebutan G-Land yang mengacuk pada nama tempat pemberangkatan menuju pantai Plengkung yaitu pantai Grajagan.

Tempat Wisata di Kabupaten Blitar

Tempat Wisata di Kabupaten Blitar tidak kalah menariknya, diantaranya pantai Tambakrejo, Pantai Jolosutro Pantai Serang, sendang Rambut Monte dimana terdapat Candi peninggalan zaman kejaraan Kediri.

Tempat Wisata di Kabupaten Bojonegoro

Daftar tempat wisata di Jawa Timur berikutnya ada di Kabupaten Bojonegoro, Anda dapat mengunjungi Obyek wisata Kayangan Api yaitu sumber api alam abadi terbesar di Asia, Taman Wisata Tirta Wana Dander dengan udaranya yang sejuk dan fasilitas bermain anak-anak, bumi perkemahan, padang golf serta wisata peristirahatan. Obyek wisata Bojonegoro lainnya adalah Waduk Pacal dimana Anda dapat memancing, berenang serta mendayung. Anda juga dapat mencoba paket wisata Loco Tour Bojonegoro melintasi hutan jati menggunakan kereta api kuno.

Tempat Wisata di Kabupaten Bondowoso

Obyek wisata andalan Bondowoso adalah Agrowisata Kawah Ijen dengan produk utama kopi Arabica, Kawah Ijen terletak 70 km arah tenggara Kota Bondowoso. Obyek wisata terdekat dengan Kawah Ijen adalah Air Terjun Kawah Wurung, Pemandian Damar Wulan, Anda juga dapat melakukan pendakian ke gunung Raung. Tempat wisata Bondowoso lainnya adalah air terjun Setancak Kembar, ari terjun Polo Agung, pemandian Tasnan, Sarchopagus, serta bunga Lely.

Tempat Wisata di Kabupaten Gresik

Tujuan wisata ziarah Islam yang layak dikunjungi antara lain makam Maulana Malik Ibrahim, Sunan Giri, Nyai Ageng Pinantih, dan Tumenggung Poesponegoro.
Sedangkan di Pulau Bawean berjarak 80 mil laut dapat dicapai menggunakan kapal atau Jetfoil terdapat danau Kastoba yang indah dan belum tercemar. Di Pulau itu juga terdapat Taman Margasatwa Rusa Bawean dan air Terjun Grojogan yang berjarak 3 km dari pelabuhan Sangkapura. Sangkapura ini terkenal sebagai tempat produksi kerajinan anyaman tikar.

Tempat Wisata di Kabupaten Jember

Obyek wisata andalan Jember adalah Watu Ulo dengan panorama yang mempesona menghadap lautan Indonesia dengan deretan batu karang menyerupai ular. Di dekatnya terhampar Pantai Papuma yang juga dikenal dengan nama Pantai Pasir Putih Malikan. Dinamakan Papuma karena pantai ini berpasir putih dengan hamparan batu – batu yang bila diterjang ombak lalu saling terberai membalik. Obyek wisata pantai lainnya adalah Paseban, Puger dan Bandealit.
Beberapa air terjun juga dapat dikunjungi antara lain Manggisan, Tancak, dan Lereng Raung. Di rembangan terdapat kawasan wisata Rembangan dengan panorama pegunungan yang indah dilengkapi dengan fasilitas hotel dan kolam renang. Wisata agro ke kebun kopi di kaki Gunung Gumitri menjanjikan atraksi wisata menarik.

Tempat Wisata di Kabupaten Jombang

Jombang juga dikenal dengan sebutan  kota Santri”, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di wilayah ini. Jombang berasal dari kata ijo dan abang yang melambangkan kemakmuran dan keberanian. Wilayah Kabupaten Jombang diyakini sebagai bekas gerbang kerajaan Majapahit sebelah barat. Luasnya 1.159,50 km2 dilalui dua sungai, yaitu sungai Brantas dan Sungai Konto.
 Obyek wisata Wana Wisata Sumberboto seluas 2 ha memiliki fasilitas berkemah yang dapat menampung 750 orang. Selain itu juga terdapat Wisata Tirta yang banyak dikunjungi masyarakat. Di Jombang terdapat makam-makam tokoh terkenal antara lain sayid Sulaiman, KH, Hasyim Asyarim dan Pangeran benowo.    
Tempat menarik lainnya adalah Gua Sigolo-golo, Gua Seriti, sumber Boto, Kedung Cinet, Sendang Made, Air terjun Tretes, Candi Arimbi dan Klenteng Hon San Kiong. Wisata Agro Perkebunan Panglungan memiliki topografi pegunungan yang berada di Desa Sambirejo berfungsi sebagai daerah resapan air dan kawasan konservasi lahan. Saat ini Panglungan tengah dikembangkan sebagai agrowisata dengan tanaman utama Kakao, Cengkeh, Melinjo dan Kopi.
Gereja Mojowarno merupakan gereja tertua di kawasan ini. Setiap tahu  di gereja ini diadakan upacara kebetan dan unduh-unduh yang sarat akan kultur lokal. Kerajinan manik-manik dari kacara menjadi ciri Jombang. Para pengrajin menyulap kaca-kaca bekas menjadi aneka manik-manik yang mengagumkan. Kerajinan ini telah merambah pasar ekspor (Asia dan Eropa) serta menjadi salah satu produk yang banyak dijumpai di Pasar Seni Bali. Selain itu juga berkembang kerajinan cor kuningan menghasilkan barang souvenir seperti patung

Tempat Wisata di Kabupaten Kediri

Kabupaten Kediri memiliki luas wilayah 963,21 km2. Wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten Jombang di utara, Kabupaten Malang di timur, Kabupaten Blitar dan dan Kabupaten Tulungagung di selatan, Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo di barat, serta Kabupaten Nganjuk di barat dan utara. Kabupaten Kediri adalah lokasi dari pusat satu kerajaan penting di Nusantara pada awal milenium kedua, Kerajaan Kediri.
Sedangkan Gunung Kelud yang memiliki kawah berupa danau dapat dikunjungi wisatawan. Sarana dan prasarana untuk mencapai kawasan Gunung Kelud telah dibangun hingga mudah menjangkaunya. Selama perjalanan dapat disaksikan panorama yang indah dan perkebunan nanas yang banyak dikembangkan di daerah ini.Pada masa kejayaannya, pengaruhnya telah sampai ke Ternate. Situs Tondowongso, yang ditemukan pada awal  tahun 2007, memberikan indikasi bahwa di situlah letak pusat pemerintahan kerajaan ini.
Kabupaten Kediri mempunyai sejumlah tempat wisata menarik, di antaranya adalah Gunung Kelud di Wates dan Gua Maria Puhsarang di Semen. Gereja Khatolik Puh Sarang yang dibangun oleh H. Maclain Pont tahun 1931, yang telah dikembangkan menjadi arena rekreasi religius umat Kristen dilengkapi diorama perjalanan Yesus Kristus ( jalan salib). Arsitektur gereja ini memadukan unsur arsitektur tradisional  Indonesia dan Eropa.