Daftar Tempat Wisata di Probolinggo dan Surabaya

Daftar Tempat Wisata di Kota Probolinggo dan Surabaya. Setelah lama nggak bikin artikel di blog ini, akhirnya tulisan terkahir tentang daftar tempat wisata di Jawa Timur bisa juga dipublish, dan kali ini tentang daftar tempat wisata di Probolinggo dan Surabaya. Langsung saja ya..

Daftar Tempat Wisata di Probolinggo

Tempat Wisata Air Terjun Madakaripura Probolinggo
Letak Kota Probolinggo berada pada 7o43’ 41” sampai dengan 7o 49’04” Lintang Selatan dan 113o10’ sampai dengan 113o15’ Bujur Timur dengan luas wilayah 56.667 Km2
Kota Probolinggo merupakan daerah transit yang menghubungkan kota-kota  sebelah barat, yaitu Banyuwangi, Jember, Bondowoso, Situbondo, Lumajang, dengan kota – kota ( sebelah timur Kota ): Pasuruan, Malang, Surabaya. Batas Wilayah Kota Probolinggo sebelah utara dengan selat Madura dan timur, selatan, serta barat dengan Kabupaten Probolinggo.
Nama Probolinggo berasal dari kata Probo berarti sinardan  linggo berarti tanda. Jadi Probolinggo adalah tempat jatuhnya sebuah tanda cahaya ( meteor ) yang dipakai oleh Raja-raja dahulu sebagai tanda untuk mengadakan musyawarah guna menciptakan perdamaian dan mengkhiri perselisihan. Kota ini dikenal sebagai “ kota angin”, karena pada bulan Junli dan September bertiup angin kencang menimbulkan bunyi menarik yang disebut “ angin gending ”. Kota Probolinggo sebagai kota transit yang menghubungkan kota Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Lumajang di sebelah Timur Kota Malang, Pasuruan dan Surabaya di sebelah Barat. Obyek wisata yang menarik adalah Pulau Gili Ketapang sebagai obyek wisata tirta untuk kegiatan berenang, berselancar angin, memancing dan berparahu.
Di sekitar gunung Bromo terdapat air terjun Madakaripura yang memiliki 7 air terjun dipercaya sebagai tempat pertapaan Gajah Mada, mahapatih Majapahit. Selain itu dapat dikunjungi candi Jabung yang didirikan pada tahun 1354 memiliki ketinggian 15,58 m. Bagi pecinta olahraga petualangan rafling dapat menyusuri sungai Pekalen sejauh 9 km. Selain itu pantai Bentar juga menarik karena memiliki fasilitas rekreasi yang cukup lengkap, khususnya bagi anak-anak.

Daftar Tempat Wisata di Surabaya

Surabaya merupakan Ibukota Propinsi Jawa Timur. Letaknya di antara 07o 21’– 07o48 LS dan 112o36’- 112o54’ BT. Luas wilayah 33.306,30 km2 memiliki perbatasan di sebelah barat dengan Kabupaten Gresik , Timur dengan Selat Madura, Utara dengan Selat Madura dan Selat dengan Kabupaten Sidoarjo.
Surabaya ditakdirkan sebagai Kota Pahlawan. Dua peristiwa besar dalam sejarah Indonesia membuktikan itu, yaitu pengusiran tentara Tar-Tar oleh Raden Wijaya dan pertempuran 10 Nopember 1945. Kota terbesar kedua di Indonesia ini perkembangannya begitu pesat yang diarahkan menjadi Kota konvensi, bisnis industri dan pariwisata.
Dibukanya Bandara Juanda sebagai bandara Internasional semakin meningkatkan  jumlah penerbangan dari dan ke luar negeri. Masyarakat asli Surabaya dikenal mudah bergaul. Gaya bicaranya sangat terbuka, walaupun tampak bertemperamen kasar. Dalam berkesenian masyarakat Surabaya senang dengan gerakan yang atraktif, dinamis dan humoristik. Gerak tari yang lambat kurang diterima disini.Di tengah usaha mencapai kemajuan, Surabaya tetap melestarikan nilai budaya yang dimilikinya, misalnya ludruk dengan tari Remonya. Surabaya juga memiliki beberapa obyek wisata andalan antara lain Kebun Binatang Surabaya, Pantai Ria Kenjeran, Wisata Ziarah makam Sunan Ampel, Candi Joko Dolog, Museum Kapal Selam, wisata kuliner Kya-Kya dan wisata belanja yang dapat dijumpai di seluruh sudut kota.
Surabaya juga merupakan kota pelabuhan. Pelabuhan Tanjung Perak telah berkembang menjadi pelabuhan internasional terbesar di kawasan Indonesia Timur. Disamping sebagai pelabuhan kargo dan penumpang, telah juga dilengkapi dengan terminal Peti Kemas. Selain itu masih ada Pelabuhan Kali Mas sebagai pelabuhan antar pulau dengan kegiatan bongkar muat barang. Aneka perahu motor berikut aktivitasnya dapat disaksikan di sini.