Daftar Tempat Wisata di Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, Pasuruan

Bagian ke-enam dari artikel tentang daftar tempat wisata di Jawa Timur kali ini akan menyajikan daftar tempat wisata di Blitar, Kediri, Madiun, Malang, Mojokerto, dan Pasuruan.

  • Daftar Tempat Wisata di Blitar


Daftar Tempat Wisata Blitar Candi Penataran
Foto:id.wikipedia.org
Kota Blitar memiliki luas 32.578 km2 terletak pada koordinat 1120140-112’280BT dan 8’20-8’100 LS. Kota Blitar tak bias dilepaskan dari nama Bung Karno, Presiden pertama republic Indoensia. Beliau dimakamkan di Kota ini. Kota Blitar juga disebut kota PETA (Pembela Tanah Air) karena di bawah pimpinan Supriyadi lascar PETA melakukan perlawanan terhadap Jepang untuk pertama kalinya yang member inspirasi perlawanan di daerah ini dan memberikan julukan baru bagi kota ini, yaitu kota koi, Bulan Juli merupakan bulannya Bung Karno, yang oleh masyarakat Blitar diperingati secara khusus dengan menggelar berbagai kegiatan, terutama tanggal 1 juli diselenggarakab acara grebeg Pancasila yang diisi kegiatan diskusi ilmiah, seni dan budaya.
Berjarak 7 km dari kota terdapat komplek candi penataran yang merupakan komplek percandian masa Majapahit paling luas. Tempat tujuan wisata di Kota Blitar antara lain, Kebon Rojo yaitu taman hiburan dan rekreasi keluarga yang berada di belakang kompleks rumah dinas Walikota Blitar yang disediakan untuk masyarakat umum maupun wisatawan secara cuma-cuma
Dikota ini dilengkapi oleh Pusat Informasi Pariwisata dan perdagangan (PIPP) yaitu Pusat layanan informasi bagi para pelaku ekonomi, khususnya pelaku perdagangan , selain pusat layanan informasi tentang pariwisata.

  • Daftar Tempat Wisata di Kediri

Daftar Tempat Wisata Kediri Gua Selomanggeleng
Foto:id.wikipedia.org
Kota Kediri terletak antara 07’ 45’-07,55’ LS dan 111’ 05’-112 3’ BT. Luasnya 63,40 km2 . Kota Kediri berada di tepi sungai Brantas merupakan kota tua dan bekas pusat pemerintahan kerajaan Kediri di abad X. Salah satu raja Kediri yang terkenal adalah sri Aji Jayabaya, karena berhasil meramalkan masa depan Jawa (Nusantara). Selain itu diakhir hidupnya yang misterius semakin menambah ketokohannya sebagai “raja pinandita” yang mampu mencapai moksa. Loka Muksa sri Aji Jayabaya atau tempat muksanya raja Jayabaya diyakini di daerah pamenang.
Peninggalan masa Kediri dapat disaksikan di Gua Selomanggeleng, yang dindingnya terdapat relief kisah Arjuna Wiwaha. Peninggalan sejarah lainnya adalah area Totok Kerot, Candi surowono dan Candi Tegalwangi.
Disini terdapat industry rokok domistik, Perusahaan rook Gudang Garam yang merupakan perusahaan rorok tersebsar di Indoensia, sekitar 16.000 warga Kediri menggantungkan hidupnya kepada perusahaan ini. Kota Kediri juga mengembangkan industry skala rumah tangga.Wisata alam Kota Kediri adalah Hutan lindung Gunung Klootok, Dermaga Sungai Brantas, sebagai Obyek wisata air, Gua Selomangkleng, Obyek wisata religi antara lain Makam Mbah Wasil setonogedong, Makam Sunan Geseng. Masjid Agung Kota Kediri dan Gereja Merah.

  • Daftar Tempat Wisata di Madiun

Kota Madiun hamper sepenuhnya berbatasan dengan Kabupaten Madiun, hanya di sebelah barat daya berbatasan dengan Kabupaten Magetan. Kali Madiun mengalir di kota ini merupakan salah satu anak sungai terbesar Bengawan Solo. Luas wilayahnya 30 km2.
Kota Madiun merupakan kota transit terletak pada simpul jalan raya regional yang menghubungkan Jawa Timur dan Jawa Tengah/Yogjakarta. Selain itu juga dilewati jaringan jalan kereta api lintas utama pulau Jawa. Madiun merupakan kota tua, yang namanya dikenal sejak jaman kerajaan Mataram dan di masa penjajahan dijadikan kota administrative hingga banyaj ditemukan bangunan peninggalan masa itu.
Kota ini tidak memiliki obyek wisata alam, justru mengembangkan obyek wisata minat khusus dengan memanfaatkan keberadaan PT. Inka (Industri Kereta Api) dan Pabrik Gula Rejoagung, Kesenian Dongkrek, berupa arak-arakan dengan berpakaian dan bertingkah menyerupai hewan berasal dari Kota Madiun.
Madiun terkenal dengan produk unggulannya, yaitu brem. Salah satu makanan khas Madiun adalah Pecel Madiun serta sambalnya. Kota Madiun juga merupakan pelestari budaya tradisional, yaitu pencak silat.

  • Daftar Tempat Wisata di Kota Malang

Daftar Tempat Wisata Malang Balai Kota Malang
Foto:id.wkipedia.org
Kota Malang terkenal sebagai kawasan wisata berhawa sejuk terletrak 90 km sebelah selatan kota Surabaya.Kota Malang sejak jaman Belanda dikenal sebagai tujuan wisata, sekarang berkembang menjadi kota pendidikan.
Wisman dari negeri Belanda banyak melakukan perjalanan nostalgia Kabupaten Malang. Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur memiliki luasnya 124 km2.
Di Kota Malang terdapat obyek wisata yang menarik dikunjungi antara lain Balai Kota besar Aloon- aloonnya, Monumen Juang’ 45, Taman Senaputra, Taman Krida Budaya, Taman Tlogomas, Klenteng, serta Pasar Burung dan Bunga. Kota Malang memiliki banyak julukan antara lain Paris of Java, kota pesiar, kota pendidikan, kota peristirahatan , kota militer, kota sejarah dan kota bunga. Sejarah kota ini erat berhubungan dengan kerajaan Singasari yang peninggalannya berupa candi-candi sampai sekarang dapat ditemukan di daerah Malang dan sekitarnya. Pada masa kolonial kota ini berkembang pesat dan dan menjadi pusat pemukiman bangsa Belanda, terutama setelah dibangun jalan kereta api. Ijen Boulevard sampai saat ini menjadi tujuan wisata bangsa Belanda yang ingin bernostalgia

  • Daftar Tempat Wisata di Mojokerto

Wilayah Kota Mojokerto berada di antara 7o33’ LS dan 122o28’ BT berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto di sebelah Timur, barat dan selatan bagian utaranya dengan Sungai Brantas.
Obyek wisata daerah ini antara lain Aloon-aloon Kota Mojokerto yang terletak di pusat kota. Bagi warga Kota Mojokerto dan sekitarnya merupakan tempat rekreasi sekaligus sebagai sarana bersantai bagi keluarga di akhir pekan. Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat merupakan salah satu gereja tertua di Kota Kojokerto dan merupakan peninggalan jaman Belanda. Masjid Agung Al-Fattah didirikan pada jaman Belanda  tepatnya pada tanggal 7 Mei 1878 berada di pusat kota sebelah Barat Aloon-aloon. Klenteng Hok Siang Kiong didirikan pada jaman Belanda sekitar tahun 1823. Sedangkan Vihara Metta Sraddha didirikan pada tahun 1955. Ciri khas kedua bangunan itu adalah bentuk arsitekturnya yang khas Cina. Bagi mereka yang senang berolahraga dapat menempuh perjalanan 1 km di arena jogging track di Dermaga Sungai Brantas Indah. Di lokasi ini juga terdapat warung lesehan yang menyediakan beberapa macam makanan. Rekreasi keluarga dapat dikunjungi Pemandian  Sekar Sari terletak di tengah kota. Tempat rekresari ini dilengkapi kolam renag dengan fasilitas bermain untuk anak-anak, wartel, toko alat-alat olah raga dan rumah makan yang menjual beraneka ragam makanan ( bakso, kikil, soto ayam, dan lain-lain).

  • Daftar Tempat Wisata di Pasuruan

Kota Pasuruan memiliki luas 13,86 km2 berbatasan dengan Selat Madura di sebelah utara, serta Kabupaten Pasuruan di sebelah timur, selatan, dan barat.
Kota Pasuruan termasuk kota tua dan memiliki banyak sebutan, yaitu Paravan pada jaman Airlangga dan Kota Gembong karena dilalui sungai Gembong. Kota ini pernah menjadi pusat kekuasaan Untung Surapati ( Adipati Wironegoro) dan sebagai basis perlawanan terhadap VOC. Bangunan – bangunan  kuno  peninggalan zaman kolonial dengan seni arsitektur tinggi terdapat hampir di sepanjang jalan. Bangunan – bangunan tersebut sampai saat ini terawat dengan baik serta tetap terpelihara keasliaanya. Hal ini sangat menarik bagi wisatawan terutama para budayawan, peniliti, serta wisatawan mancanegara yang memiliki kaitan sejarah. Kota ini dikembangkan menjadi kota industri meubel, kerajinan kayu, cor dan logam. Wisata alam berupa pelabuhan dengan perahu-perahu tradisional dan pantai yang terkenal dengan’ bandeng jelak’ yang memiliki rasa istimewa, wisata religi berupa ziarah ke makam ulama, serta wisata belanja di sentra kerajinan kayu Bukir. Selain itu Air Terjun Rambut Moyo  koleksi 5 lokomotik tua sebagai daya tariknya.