Benteng Tujuh Lapis Rokan Hulu, Tebal dan Kokoh


Benteng Tujuh Lapis Rokan Hulu. Sebuah benteng yang sudah ada sejak masa penjajahan Belanda yang berdiri pada tahun 1835 ini di bangun oleh Tuanku Tambusai di Desa Dalu-Dalu, tepatnya di Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, yang dikenal sebagai Benteng Tujuh Lapis. Benteng ini dibangun sebagai benteng pertahan untuk melawan penjajah Belanda. Benteng yang awalnya bernama Kubu Aur Duri ini memiliki luas menyerupai luasnya sebuah kampung.  Seperti namanya “Benteng Tujuh Lapis”, benteng ini dibangun dengan terdiri dari tujuh lapisan yang tingginya mencapai 11 meter dengan ditanami bambu-bambu berduri sedalam 10 meter yang memperkuat kokohnya benteng ini. Benteng Tujuh Lapis terletak sekitar 23 km dari permakaman para raja Rambah. Benteng ini sudah berkali kali di serang oleh para Penjajah Belanda, namun penjajah Belanda selalu gagal menakhlukan kekuatan benteng ini. Namun pada bulan Desember tahun 1839, saat penjajah Belanda melakukan penyerangan kembali pada saat inilah benteng dapat ditakhlukan oleh Belanda. Benteng ini juga sempat di gunakan oleh Sultan Zainal Abidin untuk melawan penjajah Belanda.
Kokohnya Benteng Tujuh Lapis Rokan Hulu

Walaupun Benteng Tujuh Lapis tidak lagi untuh bentuk bangunannya dan tidak lagi terlihat jelas bentuk aslinya dikarenakan hancur pada masa penjajahan Belanda, namun masih sangat melekat nilai-nilai perjuangannya pada masa tersebut. Aura aura perjuangan, haru pengorbanan para pejuang dan para pasukan pribumi yang turut serta untuk berjuang masih dapat dirasakan dan sangat melekat kuat. Oleh karena nilai-nilai perjuangan yang tinggi yang dimiliki oleh benteng ini, Benteng Tujuh Lapis ini sangat banyak diminati oleh para wisatawan. Bukan hanya sebagai obyek wisata budaya yang dinikmati keindahan yang ada pada benteng ini, namun juga untuk mengingatkan pada sejaran perjuangan masyarakat Riau dalam menentang penjajah.

Akses Menuju Benteng Tujuh Lapis

Untuk menuju lokasi Benteng Tujuh Lapis dari Pekanbaru Riau, pengunjung dapat mengendarai angkutan umum atau mobil pribadi dengan menempuh perjalanan sekitar 220 km atau sekitar 3-4 jam perjalanan.
Itulah beberapa informasi tentang Benteng Tujuh Lapis yang terletak di Riau. Dengan kemegahan dan Kekokohannya. Semoga informasi dapat bermanfaat bagi pembaca sekaligus menambah pengetahuan tentang situs situs sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam menetang para penjajah.