Pulau Penyengat Kepri, Pulau Kecil Ini Berarti Besar


Indonesia adalah Negara kepulauan. Negara dengan beragam pulau di dalamnya. Di provinsi kepulauan Riau terdapat pulau kecil yang memiliki luas hanya 2500m x 750m yang berjarak kira-kira 3 km dari kota Tanjungpinang, dan berjarak 35 km dari pulau Batam. Pulau ini bernama Pulau Penyengat. Pulau kecil yang mungil ini menjadi salah satu tempat wisata pilihan bagi para wisatawan dalam maupun luar negeri. Walaupun memiliki luas yang sangat kecil dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, Pulau Penyengat ini menyimpan perjalanan sejarah pada masa Pemerintahan kerajaan Melayu. Pulau Penyengat ini tidak hanya menjadi objek wisata di di Kota Tanjungpinang, namun juga menjadi objek wisata di Kepulauan Riau.

Bagi para wisatan yang ingin berkunjung ke Pulau kecil ini, akses transportasinya cukup mudah. Para wisatawan bisa menggunakan perahu bot atau sering disebut dengan bot pongpong untuk menuju Pulau Penyengat ini. Waktu yang diperlukan juga tidak lama, hanya dalam waktu 15menit saja para wisatawan akan sampai pada tujuan, yaitu Pulau Penyengat.
Foto Pulau Penyengat Kepri

Pulau Penyengat ini tidak seperti yang dilihat. Walaupun memiliki luas yang lebih kecil dari pulau lainnya, Pulau kecil ini memiliki makna yang begitu besar bagi masyarakat Riau. Para wisatawan bisa melihat di dalam pulau kecil ini terdapat Masjid, Masjid di Pulau Penyengat Kepri yang memiliki nilai sejarah yaitu Masjid Raya Sultan Riau, dimana di masjid ini terdapat makam-makam para raja didalamnya. Didalam pulau kecil ini juga terdapat bagunan rumah adat melayu dengan bangunan berbentuk rumah panggung yang cukup besar yang kini digunakan sebagai museum. Ketertarikan yang terdapat di museum ini adalah foto-foto hitam putih terdahulu yang diambil pada masa Pemerintahan Kerajaan Melayu. Bukan hanya dapat menikmati yang ada dalam museum. Para wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam yang terlihat di sekitar museum tersebut.

Sejarah dan asal-usul Pulau Penyengat Kepri, menurut cerita, pulau mungil di muara Sungai Riau, Pulau Bintan ini sudah lama dikenal oleh para pelaut sejak berabad-abad yang lalu karena menjadi tempat persinggahan untuk mengambil air tawar yang cukup banyak tersedia di pulau ini. Belum terdapat catatan tertulis tentang asal usul nama pulau Pulau Penyengat Kepri ini. Namun, dari cerita rakyat setempat, nama ini berasal dari nama hewan sebangsa serangga yang mempunyai sengat. Menurut cerita tersebut, ada para pelaut yang melanggar pantang-larang ketika mengambil air, maka mereka diserang oleh ratusan serangga berbisa. Binatang ini yang kemudian dipanggil Penyengat dan pulau tersebut dipanggil dengan Pulau Penyengat. Sementara orang-orang Belanda menyebut pulau tersebut dengan nama Pulau Mars (Wikipedia.org)

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Pulau Penyengat ini. Semoga apa yang saya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca. Terimakasih.