Monumen Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Apakah Anda sudah pernah melihat tugu pahlawan tak dikenal tersebut? Tentunya sebagian dari Anda belum pernah melihatnya kan? Monumen tugu pahlawan tak dikenal tersebut terletak di Jam Gandang Bukittinggi tepatnya di seberang monumen Bung Hatta, untuk dapat melihat tugu tersebut Anda tidak usah mengeluarkan uang sebab tugu tersebut terletak di tengah jalan karena banyaknya kendaraan yang melintas disekitar tugu tersebut jadi siapa saja dapat melihat tugu tersebut setiap waktu. 
Monumen Tugu Pahlawan Tak Dikenal

Monumen ini dibuat khusus untuk mengenang jasa para pahlawan yang namanya tidak bisa dikenali yang saat itu menjadi korban dalam menentang sistem pajak yang dilakukan Belanda. Tetapi yang sebenarnya monumen tersebut dibangun untuk memperingati kemenangan tentara yang dapat menundukan PRRI di Minang pada masa pemerintahan Soekarno. Sehingga monumen tersebut di kenal sebagai lambang penakluk tentara pusat terhadap masyarakat minangkabau. Di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melihat monumen tugu pahlawan tak dikenal antara lain sebagai berikut :
  1. Monumen tugu pahlawan tak dikenal dibangun tepat di tengah bidang bundar dan juga dihiasi dengan tanaman yang indah serta terdapat ukiran wajah-wajah raksasa yang memiliki taring dengan mata yang melotot kedepan yang dililit naga besar pada batang tugu tersebut. Pada puncak tugu tersebut berdiri patung seorang pemuda yang memegang tongkat gayanya seperti seorang konduktor.
  2. Disamping tugu juga terdapat sebuah prasasti yang menceritakan bahwa dibangunnya tugu tersebut dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan yang namanya tidak bisa dikenali yang menjadi korban Belanda jaman dahulu.
  3. Sebuah relief raksasa yang ada pada batang tugu yang menggambarkan wajah angkara murka kolonial Belanda pada saat menguras kekayaan negeri Indonesia dan juga memberlakukan biaya pajak yang memberatkan rakyat.
  4. Tugu pahlawan tak dikenal juga terdapat kepala ular naga yang berada pas di tengahnya menggigit mulut raksasa yang berada dibagian dasar tugu.
Demikian dari tulisan saya yang berjudul monumen tugu pahlawan tak dikenal yang diresmikan pada tahun 1965 dibukittinggi yang bisa menjadi kunjungi saat Anda berwisata dan melewati tugu tersebut. Selamat berwisata dan terima kasih.