Wisata Kereta Api Uap Ambarawa

Wisata Kereta Api Uap Ambarawa
foto:id.wikipedia.org
Bagi anda yang merupakan salah satu pencinta wisata serta barang – barang bersejarah, maka tidak ada salahnya untuk mencoba salah satu wisata di ambarawa ini. Wisata ini disebut dengan nama wisata kereta api uap ambarawa. Memang bagi sebagian kalangan yang sudah sering menaiki kereta api ini bukanlah hal yang menarik mungkin. Namun bagi pencinta sejarah kereta ini bisa dijadikan sebagai wisata.

Berada di Magelang, tepatnya di Ambarawa, anda bisa mencoba menaiki kereta api uap Ambarawa. Kereta  uap ini terdiri dari lokomotif bergerigi bernomor B2502 dan dua gerbong lainnya. Kereta ini memiliki umur yang sudah tua, yaitu berusia 112 tahun. Wisata menggunakan kereta api uap ambarawa ini menawarkn rute seperti stasiun ambarawa menuju stasiun bedono dan juga stasiun ambarawa menuju stasiun tutang. Rute menuju stasiun bedono adalah rute yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Perjalanan di dalam kereta api uap bisa dikatakan tidak membosankan sedikitpun. Karena selama perjalanan, anda akan disuguhi oleh pemandangan yang hijau memukau seperti persawahan, perkebunan, hingga perampungan penduduk sekitar. Pemandangan yang sangat indah untuk orang – orang yang selalu sibuk di perkotaan.
Memang untuk menaiki kereta ini tidak lah murah. paket wisata yang ditawarkan cukup mahal karena anda harus menyewa 1 gerbong kereta api uap ini. maka dari itu disarankan untuk datang bersama rombongan. Maksimal kereta ini bisa diisi hingga 80 orang. Saat ini memang stasiun ambarawa sudah mulai beralih fungsi menjadi museum kereta api ambarawa. Di museum ini, kereta api uap tetap menjadi ikon utama untuk menarik wisatawan lokal maupin asing. Selain kereta api uap yang dijadikan pameran utama, masih banyak yang lainnya seperti lokomotif dan aneka koleksi tua lainnya yang akan dipajang memenuhi statiun ambarawa ini.
Museum Kereta Api Ambarawa.
Museum Kereta Api Ambarawa dahulunya merupakan stasiun kereta api biasa yang diubah fungsinya menjadi museum. Letak museun ada di Ambarawa, Jawa Tengah. Ambarawa merupakan nama kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Selain Museum Kereta Api Ambarawa terdapat pula Museum Palagan Ambarawa dan Benteng Willem I. Kereta api uap yang sampai sekarang masih melayani sebagai kereta api wisata adalah kereta api uap dengan lokomotif bernomor B 2502 dan B 2503 yang merupakan buatan Maschinenfabriek Esslingen. Kereta api uap yang unik ini sampai saat ini hanya ada di Swiss dan India selain yang ada di Museum Kereta Api Ambarawa, dengan lokomotif tersebut kita dapat menikmati wisata kereta api uap Ambarawa. Museum Kereta Api Ambarawa sendiri saat ini memiliki 21 lokomotif uap, dari 21 koleksi lokomotif yang ada hanya 3 lokomotif yang masih bisa beroperasi. Selain kolek lokomotif yang antik tersebut, Museum KA Ambarawa juga memiliki koleksi barang-barang antik lainnya yaitu: telpon antik, bel antik, mesin telegraf Morse, dan berbagai barang antik lainnya yang merupakan perlengkapan stasiun kereta api pada zamannya.
Bagaimana? Anda tertarik dengan sensasi wisata sejarah dan ingin membawa khayalan Anda ke masa lalu? Bila anda berminat untuk menyewa kereta api uap ini maka anda harus menghubungi pihak PT kereta api Indonesia di ambarawa ataupun di semarang dan biarkan alam fikiran Anda dibawa ke masa lalu dengan wisata kereta api uap Ambarawa ini. Itulah pembahasan mengenai kereta api uap ambarawa, semoga bermanfaat dan menambah daftar alternatif pilihan wisata Anda bersama keluarga dan kerabat. Selamat menikmati kereta api uap Ambarawa.