Tempat Wisata Alam yang Ada di Jawa Timur

Banyak yang belum mengenal tentang keindahan bumi Indonesia di Jawa Timur. Paparan rumput yang hijau disertai dengan tingginya bukit serta gunung yang menjadi ikon suatu tempat membuat wisatawan berdatangan. Bagi anda wisatawan baru yang menginginkan liburan ke jawa timur, banyak sekali tempat wisata alam yang ada di jawa timur yang sangat indah dan alami. Tentu untuk melakukan wisata alam perlu berbagai macam persiapan dimulai dari fisik serta keuangan. Namun kita tidak akan membahas tentang persiapan apa saja yang dibutuhkan, kita akan membahas tempat – tempat yang sangat cocok untuk anda kunjungi untuk merasakan bagaimana wisata alam tersebut.
Tempat Wisata Alam di Jawa Timur
Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jawa Timur yang menurut Kami sangat layak untuk Kami sajikan diurutan pertama. Ya memang dari namanya saja anda pasti sudah kenal, popularitasnya menembus hingga mancanegara. Gunung yang banyak diminati oleh para wisatawan lokal maupun asing ini memang sangat indah. Panorama diatas gunung yang sangat indah dengan hijaunya daerah di sekitar gunung membuat rasa lelah selama perjalanan hilang seketika. Gunung Bromo sendiri ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, hal yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah lautan pasirnya yang tidak kita temui di puncak gunung lainnya. Lautan pasir Gunung Bromo berada di ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut dengan luas 5.250 hektar. Menyaksikan matahari terbit dan tenggelam di Gunung Bromo adalah sesuatu yang sangat menakjubkan.

Tempat wisata alam yang kedua adalah wisata gunung semeru. Gunung yang juga dikenal sebagai Mahameru ini adalah gunung tertinggi di pulau jawa dan merupakan satu dari beberapa gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Keunikan dari gunung ini ialah kawahnya yang selalu mengeluarkan letupan secara berkala serta menimbulkan kempulan asap abu. Dan bila anda lihat secara langsung, ini akan menjadi pemandangan yang sangat keren dan spektakuler. Dari tingginya saja sudah bisa dibayangkan betapa lelahnya untuk mendakinya, maka dari itu bila anda menginginkan wisata alam ke mahameru maka diperlukan persiapan fisik dan logistik yang memupuni, serta harus memiliki pengetahuan tata cara pendakian yang baik, sehingga anda bukan hanya dapat menikmati keindahan alami namun juga anda tetap sehat walaupun medan yang dilalui lebih berat daripada gunung lainnya.

Telaga Sarangan nampaknya merupakan salah satu tempat wisata alam yang ada di Jawa Timur, yang cocok menjadi tempat liburan Anda dan keluarga, tidak seperti obyek wisata yang Kami sebutkan diatas, untuk menuju lokasi Telaga Sarangan tidak menemui medan yang terlalu berat seperti wisata gunung. Telaga Sarangan yang berlokasi di kaki Gunung Lawu ini merupakan telaga atau danau alami, letak persisnya ada di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur dari Kota Magetan sekitar 16 KM ke arah barat. Daerah sekitar danau yang memiliki luas sekitar 30 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter ini memiliki iklim yang sejuk antara 18 sampai 25 derajat celcius. Dengan fasilitas penginapan yang banyak terdapat di sekitar lokasi serta fasilitas-fasilitas bermain anak-anak, menjadikan tempat ini cocok untuk wisata liburan Anda bersama keluarga, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain perahu, berkuda, atau memancing di Telaga Sarangan ini.

Masih banyak lagi sebenarnya wisata alam yang berada di jawa timur lainnya seperti wisata goa maharani yang berada di lamongan, air terjun coban rondo di batu, dan lainnya. Itulah beberapa tempat wisata alam yang ada di jawa timur. Semoga bermanfaat dan selamat berwisata.