Tempat Wisata Alam di Yogyakarta dan Sekitarnya

Wisata sudah selayaknya harus yang berkesan dan harus menarik. Karena tujuan utama wisata adalah untuk menghibur diri sendiri ataupun bersama keluarga untuk dapat menciptakan suasana yang baru yang jarang didapatkan di keseharian. Untuk itu ada beberapa tempat wisata yang sangat indah dan juga elegan untuk anda yang ingin berkunjung ke kota yogyakarta. Memang kota Yogyakarta atau biasa disingkat menjadi kota Jogja adalah kota yang terkenal dengan pendidikannya yang bagus dan juga sangat lekat dengan budaya batiknya dan masyarakatnya yang ramah. Namun bukan berarti kota ini tidak memiliki tempat hiburan yang menjanjikan. Karena ternyata banyak sekali tempat wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah wisata alam cave tubing kalisuci.
Bila anda adalah pencinta alam maka berpetualang atau berwisata ke cave tubing kalisuci ini adalah pilihannya. Di Jogja ada tebing – tebing indah yang dinamanan cave tubing kalisuci yang berada di Jestis, Pacerju, semanu, Gunung Kidul. Dari kota Jogja berjarak kurang leboh 40 km atau sekitar 10 km dari kota Wonosari. Cave tubing kalisuci ini merupakan wisata yang memadukan caving (susur gua) dengan rafting (arung jeram) yang dimana dua aktivitas tersebut merupakan aktivitas yang terpisah. Selain memliki tebing yang bagus, arus air di gua tersebut cukup deras sehingga bsa dijadikan arung jeram juga. sangat menjadi tantangan tersendiri bagi para pencita alam.
Memang sungai yang berada di gua kalisuci ini tidak memiliki kedalaman yang tinggi untuk digunakan berenang, namun memiliki keindahan dan keasyikan tersendiri jika melakukan aktivitas arung jeram. Sensasi ini akan anda rasakan mulai dari memasuki gua kalisuci hingga anda turun menuju sungai bawah tanah. Sangat menakjubkan buat anda yang ingin merasakan alam Indonesia ini.
Keunikan lainnya adalah gua kalisuci adalah salah satu sgmen dari kawasan kars gunugsewu yang memiliki luas hingga 13.000 km2 yang mencakup 10 wilayah kecamatan di gunung kidul. Hingga tahun 1993 International Union Speleology masuk sebagai salah satu warisan alam dunia dan juga pada tahun 2004 presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mencanangkan tempat tersebut sebagai kawasan Ekokarts.
Tempat wisata alam di Yogyakarta yang tidak kalah menarik dan mudah diakses dari jogja adalah Kaliurang, tempat wisata Kaliurang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Kaliurang terletak di daerah perbukitan dengan hawa yang sejuk, sehingga sangat cocok untuk beristirahat dan hanya kira-kira 1 jam perjalanan saja jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Jogjakarta.  Tlogo Putri atau Telaga Putri adalah tempat favorit yang layak untuk dinikmati ketika mengunjungi Kaliurang. Tlogo Putri adalah danau buatan atau embung, banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati di tempat ini seperti flyng fox, bebek air, bianglala dan alat-alat permainan lainnya. Dari kawasan Kaliurang Anda juga dapat menikmati sensasi pemandangan Gunung Merapi.
Tempat wisata di Jogja lainnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Gura Rancang Kencono. Gua yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta ini merupakan peninggalan sejarah kerajaan Mataram. Konon Gua Rancang Kencono pernah dihuni oleh Laskar Mataraam saat berjuang menghadapi Belanda. Di Gua Rancang Kencono terdapat sebuah pohon klumpit yang berusia ratusan tahun dan menjadi saksi sejarah perjuangan Laskar Mataram menghadapi penjajah Belanda.
Tempat Wisata Alam di Yogyakarta dan Sekitarnya
Itulah pembahasan mengenai tempat wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya. Selamat berwisata alam