Tempat Wisata Alam di Bandung dan Sekitarnya

Tempat Obyek Wisata Alam di Bandung dan Sekitarnya
Indonesia adalah negara dengan banyak sekali kekayaan alam dan juga wisata alam yang tersebar  dari sabang hingga merauke. Bila ditanya dimana tempat wisata yang bagus di Indonesia maka jawabannya adalah Kota Bandung salah satunya. Bandung salah satu kota di jawa barat ini termasuk tempat wisata yang sangat bagus dan sangat banyak yang dikunjungin oleh wisatawan dari mana saja. Paris van java atau kota kembang menjadi julukan untuk kota Bandung ini. Bandung bukan hanya terkenal dengan wisatanya namun juga dari sejarahnya kota ini memang memiliki sejarah yang sangat berkesan. Sesuai dengan tema pembahasan kali ini ialah mengenai tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya.
Wisata memang menjadi pilihan bagi beberapa orang yang menginginkan liburan setelah beraktifias panjang. Namun beda dengan wisata alam yang lebih banyak melihat alam dan segala komponennya. Salah satu wisata alam yang paling terkenal di kota Bandung adalah wisata alam gunung tangkuban perahu. Gunung takuban perahu merupakan tempat tujuan wisata yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Gunung yang memiliki sejarah yang banyak dikenal dengan cerita tentang legenda sangkuriang ini ternyata masih aktif namun tetap dapat dikunjungi. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 1910, memiliki kawah yang masih aktif hingga saat ini. kawah – kawah yang terbentuk di gunung ini juga disebabkan banyaknya letusan yang terjadi selama satu setengah abad terakhir ini. kawah – kawah tersebut memiliki berbagai nama seperti awah domas, kawah baru, kawah jurig, kawah bagak, kawah jurian, kawah siluman, kawah pangguyungan badak dan yang paling terkenal adalah kawah ratu. Ya kawah ratu merupaan salah satu tujuan wisatawan karena kawah tersebut adalah kawah terbesar di gunung tangkuban perahu.
 
Curug Maribaya berada dalam kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ada di sebelah timur Lembang, di Maribaya sendiri sebenarnya ada beberapa curug (sebutan air terjun dalam bahasa sunda) namun yang paling besar adalah Curug Omas Maribaya. Sebagian pengunjung memilih menikmati suasana sejuknya Curug Maribaya dengan terlebih dahulu melakukan hiking atau berjalan kaki melalui pintu Taman Hutan Raya Djuanda di daerah Dago kemudian berjalan kaki menelusuri kawasan THR Djuanda, Anda akan menjumpai beberapa tempat bersejarah diantaranya Gua Belanda dan Gua Jepang, disini Anda bisa melihat-lihat suasana di dalam Gua Belanda dan Gua Jepang yang dari namanya sudah menunjukkan peninggalan sejarah zaman penjajahan Belanda dan Jepang. Anda bisa menikmati suasana pepohonan di kawasan hutan Dago yang memang indah, pada saat liburan biasanya ramai orang melakukan ini menuju air terjun Maribaya, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan suasana hutan yang sepi dan tak perlu takut tersesat, karena tracking yang akan Anda lalui sudah ada.
 
Selain itu ada tempat wisata yang lain yang sejalan dengan kawah ratu tersebut yaitu adanya goa dan air keramat cikahuripan. Bagi kalangan pencinta alam, wisata ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Itulah pembahasan mengenai salah satu tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya. Semoga bermanfaat.