Misteri Hilangnya Danau Tarusan Kamang

Danau tarusan kamang yang terletak di Jorong Halalang Sumatera bagian barat dikenal sebagai danau yang bisa menghilang sebab danau tersebut bisa menghilang menjadi dataran yang dipenuhi rumput hijau dan airnya akan kembali menjadi danau yang membentang luas yang memiliki air yang jernih. 
Misteri Hilangnya Danau Tarusan Kamang
Apakah Anda pernah berkunjung ke danau tarusan kamang tersebut? Misteri hilangnya danau tarusan kamang memang masih menjadi bahan pembicaraan sebab air tersebut bisa datang dan pergi tidak seorang pun yang tahu kapan waktunya. Tidak ada waktu yang pasti, kapan danau tersebut akan surut dan berapa lama danau tersebut akan kering. Terakhir danau Tarusan Kamang kering kurang lebih selama 1 tahun, dan airnya baru akan muncul kembali setelah 5 bulan pada saat itulah kawasan tersebut dijadikan warga sekitar untuk mencari ikan dan mandi.  Jika Anda ingin berkunjung ketempat tersebut Anda akan dipungut biaya untuk dapat masuk melihat area tersebut. Di bawah ini ada beberapa pendapat tentang misteri hilangnya danau tarusan kamang  antara lain sebagai berikut :
  1. Menurut profesor Handang Bakhtiar : Mengatakan bahwa terjadinya fenomena alam hilangnya danau tarusan kamang disebabkan karena adanya celah pada bebatuan yang ada dipojok danau tersebut. Tapi hal ini diyakini tidak sepenuhnya menjadi alasan air dapat datang dan pergi di danau tersebut. Selan itu profesor Handang Bakhtiar juga mengemukakan bahwa di danau tarusan kamang terdapat zona patahan sumatera bagian timur sehingga bisa dijadikan alasan danau tersebut airnya bisa datang dan mengering.
  2. Menurut masyarakat sekitar danau tarusan kamang : Pada saat air danau mulai keluar, biasa ditandai dengan bunyi letusan di kaki bukit. Beraneka ragam suara yang terkadang terdengar dari beberapa tempat seperti suara gluk-gluk dan suara ketel air panas setelah itu biasanya keesokan harinya atau terkadang 3 hari kemudian air akan mengalir dari balik lubang batu kapur yang ada di kaki bukit sekitar danau tarusan kamang tersebut dan segera mengubah padang rumput yang luas membentang itu menjadi danau yang indah. Hal ini kadang terjadi 5 bulan ataupun hingga 2 tahun lagi.
Demikianlah dari tulisan saya yang berjudul misteri hilangnya danau tarusan kamang semoga dapat membantu Anda untuk lebih mengetahui fenomena datang dan hilangnya danau tarusan kamang dan selain hal itu Anda juga dapat menikmati pemandangan dari keajaiban danau tarusan kamang tersebut. Selamat berwisata dan terima kasih.