3 Puncak yang Unik di Gunung Ranai

Gunung Ranai, gunung yang terletak di Kabupaten Natuna, kepulauan Riau ini menjadi objek wisata bagi para pendaki. Bagaimana tidak? Tentu saja, karena para pendaki nantinya akan menemukan fenomena yang begitu menarik yaitu dengan beragamnya tanaman-tanaman yang ada yang menjadi cirri khas Gunung Ranai mulai dari daratan yang terendah hingga daratan yang diatas. Gunung Ranai memiliki ketinggian 2000 Mdpl. Memang tidak terlalu tinggi namun terlihat berdiri sangat kokoh dengan lokasinya yang berada di tengah-tengah laut dengan hembusan angin yang begitu kuat. Begitu juga dengan kabut tebal yang selalu menyelimuti gunung ini. Untuk itu bagi para pendaki harus benar-benar waspada saat mengendaki Gunung Ranai ini.
Lokasi Gunung Ranai di Kabupaten Natuna

Untuk sampai ke puncak Gunung Ranai ini, para pendaki harus melewati 3 puncak terlebih dahulu dengan adanya tebing dan memiliki ketinggian yang berbeda pada masing-masing puncaknya. Puncak yang pertama yaitu Puncak Serendit yang berada pada ketinggian 968 Mdpl dengan gugus-gugus tebing yang ketinggiannya mencapai 100 meter. Puncak yang kedua yaitu Puncak Erik Samali, yaitu puncak yang berada pada ketinggian 999 Mdpl yang memiliki ketinggian tebing mencapai 150 meter. Selanjutnya adalah puncak ketiga, puncak yang tertinggi dari puncak-puncak sebelumnya. Puncak ketiga ini bernaman Puncak Datuk panglima Husin, yang berada pada ketinggian 1035 Mdpl. Puncak ketiga ini juga memiliki tebing yang lebih tinggi dari tebing-tebing sebelumnya, yaitu tebing dengan ketinggian 200 meter.

Dari beberapa informasi yang saya berikan tentang Gunung Ranai, dianjurkan bagi para pecinta gunung atau pendaki untuk menyiapkan mental dan perbekalan yang benar-benar menjadi standart seorang pendaki, dan juga agar selalu waspada dalam penjalanan menuju puncak. Semoga informasi ini bermanfaat ya bagi para pembaca san para pendaki-pendaki Indonesia. Terimakasih.